Saqueena Mengatasi Rambut Rontok & Menghilangkan Ketombe

rambut-01

Banyak sekali produk perawatan rambut yang wara-wiri beriklan di media. Mulai dari yang mendasar seperti shampoo dan konditioner hingga kebutuhan dekorasi seperti pewarna rambut. Selain merk yang sudah familiar hingga brand-brand baru. Ada produk herbal hingga import dengan varian harga dari murah sampai mahal. Sebenarnya nutrisi apa saja yang dibutuhkan rambut? Apakah perlu membeli produk perawatan rambut atau melakukan treatmen di salon?

Jangan salah, kebutuhan nutrisi rambut tidak melulu disuplai dari luar melalui produk perawatan rambut. Kebutuhan nutrisi rambut juga bisa disuplai dari dalam. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan menawan. Mari kita simak kebutuhan nutrisi rambut dan makanan apa yang bisa kita makan untuk memenuhinya.

  1. Protein

Protein adalah penyusun utama rambut. Protein adalah nutrisi utama yang harus anda konsumsi untuk rambut anda. Kekurangan protein bisa menyebakan rambut kusam, rapuh, rontok dan timbul uban dini. Agar rambut kuat dan sehat, rajin-rajinlah mengonsumsi Daging, telur, susu, ikan ayan, dan kacang-kacangan.

  1. Zinc

Zinc mempengaruhi hormon androgen yang terkait dengan kerontokan rambut. Kekurangan Zinc membuat rambut rontok dan kulit kepala kering sehingga mudah terkelupas dan menimbulkan masalah ketombe. Zinc bisa didapat dari buah-buahan seperti Stawberry, jeruk tomat dan Kiwi.

  1. Asam Lemak Omega-3

Asam Lemak Omega-3 berfungsi untuk menjaga membran sel, salah satunya sel rambut. Secara alami Asam Lemak Omega-3 disekresikan pada kelenjar minyak rambut. Kekurangan Asam Lemak Omega-3 dapat membuat rambut rapuh, kering, mudah patah, dan rontok. Untuk mendapat suplai Asam Lemak Omega-3, anda cukup mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, telur dan salmon.

  1. Asam Folat dan Vitamin B12

Asam folat dan Vitamin B12 membantu pertumbuhan sel dan jaringan. Termasuk menyokong pertumbuhan rambut. Kekurangan asam folat dan Vitamin B12 juga menyebabkan kerontokan dan uban prematur. Asam Folat bisa didapat dari brokoli, kacang merah, sayur bayam, asparagus, alpukat, telur dan tomat. Sedangkan Vitamin B12 bisa didapat dari makanan berprotein seperti daging, ikan, kepiting, udang, telur, kerang/tiram dan sereal.

  1. Vitamin B5 dan B6

Sudah sering dengar kan produk perawatan rambut yang mengandung Vitamin B5 dan B6? Apa sih fungsinya? Vitamin B5 berfungsi menjaga kekuatan rambut, sedangkan B6 mencegah timbulnya ketombe. Nah bagaimana kalau kali ini kita dapat Vitamin B5 & B6 dari makanan saja. Cukup mengonsumsi ikan, ayam, hati, kacang-kacangan dan susu.

  1. Biotin

Biotin – atau Vitamin B7 – membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dari makanan yang kita makan. Biotin dapat mencegah rambut patah dan rontok. Untuk yang mempunyai rambut tipis sangat dianjurkan mengonsumsi Biotin. Kuning telur merupakan sumber alami dari Biotin, selain itu biotin juga bisa didapat dari daging, hati, pisang, beras merah, ragi dan gandum.

  1. Antioksidan

Antioksidan seperti Vitamin A, C dan E dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga nutrisi yang kita makan dapat tersuplai hingga ke rambut. Sayang dong kalau sudah makanan bernutrisi tinggi tapi nutrinya tidak sampai ke rambut. Kekurangan vitamin-vitamin ini ditandai oleh rambut kusam, kering dan bercabang. Mungkin bisa diperhatikan, jika anda rutin mengonsumsi buah-buahan, rambut akan lebih tebal, hitam dan bercahaya. Kecukupan vitamin diatas katanya juga bisa membuat rambut cepat panjang lho! Sumber makanannya pasti sudah tahu dong…

Nah, sekarang sudah tahu kan, makanan apa yang harus dikonsumsi supaya rambut sehat. Nah mulai sekarang perhatikan makananmu, kurangi junk food dan karbohidrat tinggi, perbanyak protein, buah dan sayuran. Mengganti cemilan dengan kacang-kacangan, daaan yang terakhir : jangan lupa minum susu.

Leave a Response