Kedai SC Cross

Kedai-SC-Cross---Gaya-Ngopi-Anak-Motorcross (1)Info dari teman saya, si pemilik kedai ini punya hobi motor cross. Kedai kopi ini pun dulunya semacam bengkel dan toko yang fokus pada gear motorcross. Jadi, tidak mengherankan kalau akhirnya kedai kopi ini pun di labeli dengan Kedai SC Cross. “SC” ternyata adalah singkatan dari Sumber Cahaya (kalau tidak salah, agak-agak lupa sih, soalnya sebenarnya ini sudah bulan kemarin ke sananya).

Kedai ini terbilang sederhana, tapi tidak sesederhana kedai kopi konvensional kebanyakan. Pemiliknya memberikan ‘usaha’ untuk membawa kedai kopi konvensional layak untuk dijadikan tempat hangout modern untuk menarik minat kalangan anak muda. Uniknya, kedai ini punya dua tipe area. Area kursi dan area lesehan yang bisa menampung lebih banyak orang di satu meja.

Saya memesan menu yang paling aman untuk minuman kopi, capuccinno. Well saya sih tidak berharap banyak, semacam berharap ini adalah kopi wangi yang baru di giling dan diseduh air panas. Kopi ini dibanderol murah, hanya IDR 5,000 untuk secangkirnya. Kopinya sih adalah kopi instan rasa cappucinno yang sudah include dengan coklat bubuk di atasnya. Disajikan dalam cangkir dan piring cawan yang sukses membawa hidangan kopi instan layak dihidangkan di sebuah kedaihangout.

Teman saya langsung memesan menu berat untuk makanan dia, spaghetti bolognese. Pasta ini disajikan dalam porsi medium (lebih sedikit dari punya eazy coffee tapi masih mengenyangkan untuk cewek). Sebagai subtitusi dari daging giling, kedai ini menggunakan sosis sapi yang tidak pelit. Lalu diakhiri dengan taburan keju parut di sekujur piring.

Teman saya tadi tidak memilih kopi untuk minumannya. Padahal dia mengaku suka meminum kopi. Jus smoothie apel ini dipresentasikan dalam gelas ramping tinggi dan stir bintang. Konsistensinya lebih cocok untuk disebut sebagai juice ketimbang smoothie. Minuman ini dibuat dari buah apel segar.

Info dari teman saya tadi, kedai ini menyajikan sushi roll. Oke, di tahap ini saya antusias dan penasaran untuk mencoba sushi roll yang bisa ditawarkan oleh Jombang kepada saya. Sekadar info, saya sangat suka sushi roll atau Kimbap untuk versi Korea, dan saya bisa untuk membuat Kimbap yang cukup jadi favorit teman teman saya. ADa dua jenis sushi, udang dan kepiting. Keduanya dibanderol seharga IDR 9,000 dan IDR 10,000. Awalnya saya memilih udang, tapi sushi kepiting sound so tempting.Agak skeptis juga sih, karena sushi kepiting ditawarkan dengan sangat terjangkau. Jadi saya konfirmasi ke si embak waiter apakah yang digunakan crab stick (frozen,artificial – yang biasanya banyak di kotak pendingin di supermarket). Dan dia menjawab bukan. Masih belum percaya, akhirnya saya memutuskan untuk memilihnya.

Representasi sushi roll ini cukup kece, di sekujur tubuhnya dibalur mayo dan sambal yang sangat royal, jadi tidak perlu takut kekurangan bahan cocolan untuk makanannya. Sesuai dengan perkiraan saya, sushi ini memang menggunakan crab sticksebagai ‘isi kepitingnya’. Sebujur crab stick dipeluk erat dalam nasi dibungkus dengan selembar rumput laut (Nori). Nasi sushi yang seharusnya dibumbui dengan garam,gula dan sedikit cuka, sepertinya tidak dibarikan di sini. Nasinya kurang treatment sih.

Sebagai menu terakhir sebagai teman ngobrol, saya memlih roti bakar keju. Rotinya akan segera mengeras jika tidak langsung disantap habis. Jadi, kalau sambil ngobrol panjang lebar, sebaiknya Kamu pilih cemilan yang lainnya. Awalnya saya agak kesulitan untuk memotret sajian roti bakarnya ini. Penataannya perlu banyak utak atik. Hasil foto di atas adalah saya sendiri yang melakukan penataanya.sehingga lebih friendly di kamera saya.

Overall, tempat ini sebenarnya cukup asik untuk dipilih sebagi tempat hangout murah meriah di Jombang. Ada fasilitas free Wi-Fi, tapi sayang waktu saya datang koneksinya susah sekali dan sering mati dan hidup (tidak stabil). Lokasi kedai ini mudah ditemukan, dari perempatan kebon rojo, silahkan ambil ke arah barat, kedai ini ada di kiri jalan dan tidak jauh dari perempatan.

Leave a Response