Penuaan Dini? No!

artikel-1Pada dasarnya, penuaan terjadi sejak kita terlahir di dunia ini. Namun, penuaan tidak hanya sebatas kulit. Ketika stamina, kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi mulai menurun, itu berarti penuaan semakin mendekatimu. Oleh karena itu, tetaplah jaga semua aset tersebut dengan cara rajin berolahraga.

Tua tak berarti loyo

Bila kita bisa menjadi orang yang tetap sehat dan bugar sekaligus bijak di umur yang relatif tidak muda lagi, kenapa tidak?

Jepang memegang rekor dunia dengan harapan hidup terpanjang dengan rata-rata usia 86,4 tahun yang diperoleh kaum wanitanya. Bukan hanya wanita, pria Jepang juga memiliki harapan hidup terpanjang di antara semua pria di 192 negara di dunia.

Dalam buku “Japanese Woman Dont Get Old or Fat” yang ditulis oleh Naomi Maoriyama mengungkapkan rahasia keluarganya yang hidup panjang dan tetap sehat hingga masa tua. Ternyata rahasia awet muda mereka sederhana, cukup mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga.

Menurut sebuah artikel dalam Majalah Time yang berjudul “How to Live to be 100” tertulis bahwa, Jepang berada dalam kondisi kesehatan yang baik, mereka adalah orang yang aktif yang menggabungkan banyak latihan insidental dalam hari-hari mereka. Mereka selalu menciptakan lingkungan yang sehat dengan bersepeda di sekitar kota, berjalan, hiking, dan umumnya, mereka berusaha tetap aktif.

Olahraga menghambat Penuaan

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain : mengrangi stres, resiko penyakit menurun, menjaga berat badan, membuat tidur nyenyak. Fakta menariknya adalah, olahraga dapat membuat kita awet muda.

Menurut Dr Rusbandi Sarpini, SpKO, seorang dokter spesialis Olahraga, kadar hormon mulai menuru saat kita berusia 25-35 tahun. Kadar Growth Hormone yang dapat mengencangkan kulit juga menurun 14% pada umur 35. Pada usia 45 tahun, produksi hormon terus menurun hingga kulit terihat kering dan keriput akibat rusaknya kolagen.

Olahraga teratur, terukur, baik, dan tepat dapat menghambat penuaan dini karena : 

  1. sewaktu berolahraga, kelenjar hipofise(terdapat di bagian bawah otak manusia), mengeluarkan hormon yang mirip dengan morfin lebih banyak dari biasanya. Inilah hormon endhorphine. Fungsi hormon ini berhubungan dengan pengurangan rasa sakit, meningkatkan daya ingat, serta menimbulkan rasa senang (euphoria). Bila kita perhatikan, tidak ada orang yagterlihat sedih atau murung seteah melakukan jogging atau olahraga lain.
  1. olahraga juga meingkatkan hormon norephinephrine dan serotonin dalam otak. Dari penelitian pada orang yang mengalami depresi karena stres, didapati kedua hormon ini menurun. Sedangkan saat berolahraga justru meningkat. Dalam suatu pengamatan pada orang-orang yang menderita depresi tingkt moderate, setelah melakukan olahraga teratur, tingkat depresinya menurun.
  1. olahraga teratur dapat secara langsung membantu proses anti aging, yaitu dengan keluarnya growth hormone saat olahraga. Efek hormon ini antara lain : meningkatkan kepadatan kulit dan tulang, meningkatkan lean body mass, menurunkan kadar lemak tubuh, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
  1. olahraga teratur membuat DNA lebih muda dan sehat : Telomeres, bagian dari kromosom yang akan memendek seiring dengan bertambahnya umur. Telomeres merupakan salah satu faktor penting dari proses penuaan. Orang yang melakukan olahraga teratur peling tidak 3 jam seminggu, mempunyai telomeres lebih panjang (proses pemendekannya terhambat).

Berkurangnya stres, perasaan selalu senang, rileks, tidur lebih lelap, dan efek lain dari teraturnya melakukan olahraga membuat orang tampak lebih muda dari umur sebenarnya. Jadi, mengapa kita tidak melakukannya?

 

Teks : Fenny Ambaratih Editor : Way

Leave a Response