Bulan Rajab 1436 Hijriah atau Bulan April 2015

islamiqSahabat Sakinah, Bulan Rajab telah datang. Tahun ini, Bulan Rajab 1436 Hijriah bertepatan dengan akhir bulan April sampai pertengahan Mei tahun 2015. Tepatnya, 1 Rajab jatuh pada hari Senin, 20 April 2015. Bulan Rajab dalam kalender Islam adalah bulan ke- 7 yang berada antara Bulan Jumadil AKhir dan Sya’ban. Bulan ini menjadi salah satu bulan yang dianggap sebagai bulan yang istimewa atau disebut juga bulan haram.

Kenapa bulan haram? Disebut bulan haram dikarenakan besarnya kehormatan dan keagungan Bulan Rajab serta besarnya akibat dari dosa yang dilakukan di bulan ini. Artinya, apabila kita berbuat amal kebaikan pada Bulan Rajab, maka nilai amalannya pun lebih besar. Sebaliknya, apabila kita berbuat dosa, maka ganjarannya pun akan lebih besar.

20150404_170155_1

Kejadian Pada Bulan Rajab
Dalam sejarah Islam di bulan Rajab tercatat beberapa sejarah penting yang pernah terjadi di masa perjuangan umat Islam pada waktu lalu. Sejarah tersebut antara lain :

• Perang Tabuk atau Ghazwah Tabuk.
Perang Tabuk terjadi pada bulan Rajab tahun 9 Hijriyah atau bertepatan dengan bulan Oktober tahun 631 Masehi. Perang Tabuk langsung di pimpin oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi perang terakhir bagi beliau. Tabuk sendiri merupakan kawasan padang pasir yang sangat gersang yang lokasinya berada di utara semenanjung Arab, jauh dari Makkah dan Madinah.
• Pembebasan Kota Al-Quds.
Peristiwa yang besar juga terjadi dibulan Rajab yakni pembebasan Al-Quds oleh Shalahudin Al-Ayyubi dari tangan kaum salibis. Pembebasan Al-Quds ini terjadi pada bulan Rajab 583 H/1187 M. Al-Quds merupakan sebuah kota yang di dalamnya terdapat kompleks Al-Aqsha, yang memuat beberapa situs sejarah tiga agama yakni Islam, Yahudi maupun Nasrani. Nama lain dari A-Quds adalah Baitul Maqdis dan Yerussalem.
• Peristiwa isra Mi’raj
Peristiwa isra’ wal mi’raj, yakni diperjalankannya Rasulullah Saw. dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsha di Palestina (isra) selanjutnya dari sana Rasulullah diberangkatkan ke Shidratul Muntaha (langit).

Leave a Response